Contoh Puisi Bermajas Personifikasi Terbaru 2018 - The Puisi

Contoh Puisi Bermajas Personifikasi Terbaru 2018



Jika sebelumnya kita telah membahas tentang beberapa kumpulan puisi yang beraneka ragam termasuk puisi bermajas ironi. Kini kita akan membahas tentang puisi bermajas personifikasi yang terdapat pada bait pertama dan kedua. Sebelum menyimak contoh puisinya, mari kita ulas sedikit tentang pengertian majas personifikasi itu terlebih dulu.

Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain; kiasanPersonifikasi adalah pengumpamaan (pelambangan) benda mati sebagai orang atau manusia, seperti bentuk pengumpamaan alam dan rembulan menjadi saksi sumpah setia. Jadi, Majas Personifikasi adalah gaya bahasa yang membuat benda seolah olah mereka hidup dengan memberikan sifat-sifat seolah mereka melakukan sesuatu layaknya manusia. Nah, sudah jelas kan maksudnya? Oke, silakan dinikmati puisi bermajas personifikasi karya Princess Meymey berikut ini yang berjudul 'Ketetapan Terindah'.


Kukukan ayam terdengar jelas
Membuatku terbangun dari mimpi
Ketika aku membuka mata
Terdapat senyum dari mentari

Sinarnya memberikan kehangatan
Awal kisah telah dimulai
Awan putih adalah saksi
Tentang apa yang telah terjadi

Antara mimpi atau nyata
Aku merasa di antara keduanya
Mencubit pipi dengan pelan
Ternyata ini nyata!

Oh, Tuhan ...
Inikah takdir terindah dari-Mu
Yang dulu Kau janjikan
Hingga kini bahagia telah kutemukan




PENJELASAN!

Pada beberapa baris dalam bait puisi di atas, terdapat majas personofikasi di dalamnya seperti pada bait berikut :

1. Bait Pertama
Kukukan ayam terdengar jelas (kata 'kukukan ayam' diibaratkan suara seseorang)Membuatku terbangun dari mimpiKetika aku membuka mataTerdapat senyum dari mentari (kata 'mentari' diibaratkan seseorang)
Makna pada bait pertama ini, ceritanya saat si 'aku' sedang tidur nyenyak, ada seseorang yang membangunkannya. Dan ketika membuka mata, ada sosok yang tersenyum dihadapannya.


2. Bait Kedua
Sinarnya memberikan kehangatan (kata 'sinar' diibaratkan pelukan)Awal kisah telah dimulaiDunia adalah saksi bisuTentang apa yang telah terjadi
Makna pada bait kedua ini adalah pelukan seseorang memberikan kehangatan pada kisah baru. Sebuah hubungan baru yakni pernikahan. Disaksikan oleh dunia, bahwa ikrar pernikahan telah dilangsungkan.


Itulah contoh puisi bermajas personifikasi terbaru 2018 yang bisa menjadi acuan untuk tugas sekolah, kuliah atau tugas dari guru kepenulisan kalian. Selamat belajar dan semoga berhasil. Jangan lupa kunjungi terus situs www.thepuisi.com ya! Karena selain menyuguhkan artikel contoh-contoh puisi, di sini juga menyuguhkan kata-kata bijak, kata-kata mutiara, kata-kata cinta, kata-kata galau dan kata-kata motivasi Mario Teguh serta kata-kata motivasi atau kata-kata lainnya.

0 Komentar untuk "Contoh Puisi Bermajas Personifikasi Terbaru 2018"

Post a Comment

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel