Contoh Outline Dalam Pembuatan Cerpen - The Puisi

Contoh Outline Dalam Pembuatan Cerpen

Outline adalah kerangka, rancangan atau garis besarnya merupakan rencana penulisan yang memuat garis besar dari suatu karangan yang akan digarap. Outline juga merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis.

Cerpen adalah jenis karya sastra yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia lewat tulisan pendek. Cerpen juga bisa disebut sebagai karangan fiktif yang berisikan tentang sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh saja.

Berikut ini adalah outline cerpen yang berjudul "Biarkan Waktu yang Bicara".
1. Tema pada cerpen, mengupas pada masalah yang relatif sederhana. Pada cerpen ini, penulis membuat cerpen dengan tema "IBU".

2. Latar yang dilukiskan pada cerpen hanya sebentar dan sangat relatif. Latar terbagi pada beberapa bagian, yaitu latar tempat, latar suasana, dan latar waktu.

2.1 Latar tempat menjelaskan beberapa tempat kejadian cerita. Pada cerpen "Biarkan Waktu yang Bicara", penulis membuat latar tempatnya di Rumah Faisal, Rumah Chessy, Panti Asuhan, Kantor Bapak Hadi.

2.2 Latar Suasana berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerpen itu terjadi. Contoh latar suasana yang menggambarkan cerita berjudul "Biarkan Waktu yang Bicara bisa dibaca ulasan berikut ini.
a. Sedih : Ada rasa marah ketika ia membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya, sedangkan mereka justru hanya memberikan kasih sayang berupa uang bukan perhatian. Hati berontak kala melihat teman-temannya menceritakan kebersamaan bersama keluarga, sedangkan ia hanya bisa tersenyum tipis mendengarnya.
b. Haru : Suatu ketika, ada sosok wanita yang bisa menyatukan Faisal dengan kedua orang tuanya. Kedua orang tua Faisal merasa bersalah, hanya karena mengejar materi—mereka sampai menukar kasih sayang dengan uang. Mereka pikir uang bisa membuat anaknya bahagia, hingga anaknya tidak pernah merasakan kekurangan. Nyatanya semua itu salah, justru uang membuat Faisal menjadi sosok yang pemarah dan keras kepala.
c. Bahagia : Akhirnya hubungan Faisal dengan kedua orang tuanya menjadi harmonis. Di sela kesibukan orang tua Faisal, selalu disempatkan untuk berkumpul dengan anak semata wayangnya itu. Seperti namanya, Chessy memberikan kedamaian di dalam keluarga Faisal.

2.3 Latar Waktu berkaitan dengan kapan peristiwa dalam cerpen terjadi.
Pagi : merasakan konflik batin kala mendengar cerita teman-temannya.
Siang : pertemuan Faisal dengan Chessy.
Malam : makan malam keluarga yang membuat Faisal merasa bahagia.

3. Alur dalam cerpen dibuat lebih sederhana dengan ruang gerak yang sempit dan terbatas. Seperti contoh cerpen berjudul 'Biarkan Waktu yang Bicara', penulis membuat alur 'maju'.

4. Tokoh yang dimunculkan pada cerpen, hanya beberapa orang saja. Jalan cerita yang dibangun pelaku juga sangat singkat. Dalam cerpen berjudul 'Biarkan Waktu yang Bicara', tidak ada tokoh antagonis karena hanya ada konflik batin yang dialami oleh tokoh utama.
a. Faisal : Protagonis
b. Chessy : Tirtagonis
c. Orang Tua Faisal : Protagonis (Pak Hadi dan Bu Hafizhah)

5. Penokohan atau perwatakan pada cerpen diungkapkan singkat, jelas, dan langsung terarah.
a. Faisal : pemarah dan keras kepala
b. Chessy : penyayang, penyabar, baik
c. Hadi : pekerja keras tapi keras kepala
d. Hafizhah : pintar, pekerja keras, baik

6. Sudut Pandang terbagi dari beberapa bagian dan pada cerpen ini, penulis membuat cerita dengan sudut pandang orang ketiga mahatahu.
Sudut pandang orang ketiga mahatahu. Dalam karyanya, penulis mengetahui segala hal tentang semua tokoh, peristiwa, tindakan, termasuk motif. Penulis juga bebas berpindah dari satu tokoh ke tokoh lain. Bahkan bebas mengungkapkan apa yang ada dipikiran serta perasaan para tokohnya.

Teman-teman thepuisi bisa melihat dan membaca cerpen yang berjudul "Biarkan Waktu yang Berbicara" di sini (klik tulisan di sini). Sekian dulu penjabaran tentang contoh outline dalam pembuatan cerpen versi novelis Lampung yaitu Princess Meymey atau yang memiliki nama lengkap Irma Dewi Meilinda. Jika ada pertanyaan atau ada koreksian tentang ulasan di atas, mohon komen di kolom komentar.

0 Komentar untuk "Contoh Outline Dalam Pembuatan Cerpen"

Post a Comment

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel