Skip to main content

follow us




Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya tentang asal mula terbentuknya perpustakaan, maka kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis perpustakaan. Tapi sebelumnya, sedikit penjelasan tentang perpustakaan menurut beberapa sumber.

Menurut Sulistyo Basuki (1991) :
"Perpustakaan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual."

Menurut Sutarno NS (2006:11) :
"Perpustakaan adalah mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung / bangunan atau gedung tersendiri yang berisi bukubuku koleksi, yang diatur dan disusun demikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca."

Menurut UU No.43 Pasal 1 Ayat 1 Tahun 2007:
"Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya reka secara profesional dengan sistem yang bagu guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi bagi para pemustaka."

Menurut Deputi II Perpusnas RI:
"Perpustakaan adalah salah satu sumber penting dalam upaya mendukung proses peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Melalui perpustakaan banyak informasi yang dapat digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan."

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) :
"Perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya."

Menurut IFLA (Internastional Federation of Library Associations and Institutions):
"Perpustakaan adalah kumpulan bahan tercetak dan non cetak atau sumber informasi dalam komputer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai."

Menurut IFLA, jenis-jenis perpustakaan terdiri dari :
  1. Perpustakaan Nasional (National Library)
  2. Perpustakaan Umum (Public Library)
  3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)
  4. Perpustakaan Sekolah (School Library)
  5. Perpustakaan Khusus (Special Library)
  6. Perpustakaan Wilayah
  7. Perpustakaan Keliling

PENJELASANNYA

1. Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang didirikan di ibukota negara dan merupakan perpustakaan induk dari semua jenis perpustakaan yang ada di negara tersebut. Perpustakaan Nasional Indonesia didirikan di Jakarta.
  • Sebagai pusat referensi nasional. Dalam fungsi ini, perpustakaan nasional harus mampu menjawab pertanyaan apa saja, oleh siapa saja yang ada hubungannya dengan Indonesia.
  • Sebagai perpustakaan deposit. Dalam hal ini perpustakaan nasional mempunyai tugas dan bertanggungjawab untuk melestarikan seluruh penerbitan yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri yang mengenai Indonesia. Untuk menjamin terkumpulnya semua penerbitan yang ada di Indonesia, maka perlu adanya Undang-Undang Karya Cetak (Deposit Act) yang mewajibkan semua penerbit untuk mengirimkan terbitan terbarunya kepada Perpustakaan Nasional sebanyak dua eksemplar. Tetapi undang-undang hak cipta di Indonesia baru saja diakui yaitu pada bulan Agustus 1990. Maka, Perpustakaan Nasional Indonesia pun baru dapat melaksanakan fungsinya sebagai perpustakaan deposit. Hal ini juga harus mendapat dukungan dan kesadaran yang tinggi dari pihak penerbit bahan pustaka akan pentingnya arti deposit itu untuk melestarikan semua penerbitan di negara kita.
  • Perpustakaan Nasional merupakan perpustakaan atau suatu badan yang menerbitkan Bibliografi Nasional yang merupakan suatu daftar buku-buku yang ada di Perpustakaan Nasional Indonesia dan pada perpustakaan lain di Indonesia terbitan Indonesia dan tentang Indonesia. Bibliografi Nasional Indonesia ini disebar luaskan juga keberbagai Instansi lain agar mereka juga mengetahui koleksi yang ada di Pepustakaan Nasional.
  • Perpustakaan Nasional pada beberapa waktu yang lalu berada di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi sekarang telah diakui sebagai lembaga Pemerintahan Non Departemen dan bertanggungjawab langsung kepada pemerintah.

2. Perpustakaan Umum (Public Library)
Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum. Perpustakaan umum diselenggarakan untuk memberikan ©2004 Digitized by USU digital library 7; pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya. Maka koleksi perpustakaan umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya.

Fungsi perpustakaan umum ialah:
  • Pusat Informasi : menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat pemakai.
  • Preservasi kebudayaan : menyimpan dan menyediakan tulisan-tulisan tentang kebudayaan masa lampau, kini dan sebagai pengembangan kebudayaan di masa yang akan datang.
  • Pendidikan : mengembangkan dan menunjang pendidikan non formulir diluar sekolah dan universitas dan sebagai pusat kebutuhan penelitian.
  • Rekreasi : dengan bahan-bahan bacaan yang bersifat hiburan perpustakaan umum dapat digunakan oleh masyarakat pemakai untuk mengisi waktu luang.

3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)
Perpustakaan perguruan tinggi yaitu perpustakaan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memelihara, menyimpan, mengatur, mengawetkan dan mendaya gunakan bahan pustakanya untuk menunjang pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Fungsi perpustakaan perguruan tinggi, ialah:
  • Jantung dari semua program pendidikan Universitas yaitu perpustakaan harus mampu membantu dan menjadi pusat kegiatan akademis lembaga pendidikannya.
  • Pusat alat-alat peraga mengajarkan atau instructional material center.
  • Sebagai pelaksana pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

4. Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur dan mengawetkan bahan pustkanya untuk menunjang usaha pendidikan dan pengajaran di sekolah. Masyarakat pemakainya ialah para siswa, tenaga pengajar dan staf sekolah lainnya.

Fungsi perpustakaan sekolah ialah :
  • Menunjang kegiatan belajar dan mengajar.
  • Merupakan sarana pengembangan bakat dan keterampilan.
  • Pusat media sekolah.
  • Sarana penelitian sederhana.
  • Sarana rekreasi.

5. Perpustakaan Khusus (Spesial Library)
Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi yang tujuannya untuk menunjang kegiatan kantor atau instansi di mana perpustakaan itu berada.

Fungsi perpustakaan khusus ialah :
  • Untuk keperluan perencanaan, penagambilan keputusan dan pemecahan persoalan.
  • Untuk kebutuhan riset dan pengembangan para staf yang terlibat dalam berbagai tugas penelitian dan pengembangan.
  • Untuk kepentingan pendidikan dan latihan yang diselenggarakan oleh kantor dan instansi tersebut.
  • Sebagai tempat pemeliharaan dan perawatan dokumen dari kantor atau instansi yang bersangkutan.

6. Perpustakaan Wilayah
Perpustakaan wilayah yaitu perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan berkedudukan di setiap ibu kota Propinsi, bertugas mengumpulkan serta melestarikan semua penerbitan daerah yang bersangkutan.

Fungsi perpustakaan wilayah ialah :
  • Sebagai perpustakaan referensi di wilayahnya.
  • Merupakan perpustakaan deposit yang bertugas mengumpulkan semua penerbitan di daerahnya.
  • Merupakan suatu badan yang bertugas membuat bibliografi.
  • Merupakan pusat kerjasama antar perpustakaan daerah.
  • Mempunyai wewenang untuk membina perpustakaan-perpustakaan yang ada di daerahnya.

7. Perpustakaan Keliling
Perpustakaan keliling pada prinsipnya merupakan perluasan dari pelayanan perpustakaan umum. Perpustakaan keliling adalah merupakan jenis perpustakaan yang dalam memberikan pelayanan bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan mengunjungi pemakai.

Fungsi perpustakaan keliling ialah :
  • Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di daerah, khususnya di daerah pedesaan dan daerah terpencil.
  • Pemerataan pengembangan pendidikan.
  • Sebagai media penerangan bagi masyarakat.
  • Memasyatakatkan perpustakaan dadn minat baca di kalangan masyarakat.

Sumber:
Basuki, Sulistyo. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trimo, Soejono. 1985. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remadja Karya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar