Skip to main content

follow us





Pengertian Perpustakaan

Berikut ini merupakan pengertian perpustakaan menurut ahli perpustakaan dan sumber lain, di antaranya:
  1. Menurut IFLA (International of Library Associationsand Institutions): “Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.”
  2. Menurut sutarno NS, MSi: “Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca."
  3. Menurut c. larasati milburga, dkk : “Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.”
  4. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : "Perpustakaan berasal dari kata dasar 'pustaka' yang berarti pustaka atau buku. Perpustakaan artinya kumpulan buku (bacaan); bibliotek."
  5. Dalam UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa : "Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak,dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka."


Secara garis besar, perpustakaan pada umumnya diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi.

Tujuan Perpustakaan 

Pada Pasal 4 UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam artikel yang ditulis oleh Wahyu Murtiningsih, mahasiswa D3 Ilmu Perpustakaan FISIPOL UGM, Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian gedung ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Dengan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan bertujuan untuk mendayagunakan koleksinya untuk kepentingan umum bukan untuk mencari keuntungan yang sebesar￾besarnya. 
2.4.

Fungsi Perpustakaan 

Dalam pasal 3 UU No.43 2007 disebutkan Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Fungsi pendidikan diwujudkan dengan perpustakaan yang mampu meningkatkan kegemaran 
membaca penggunanya. Fungsi penelitian diterapkan dengan menyediakan pelayanan untuk pemakai dalam memperoleh informasi sebagai bahan rujukan untuk kepentingan penelitian. Fungsi pelestarian yaitu sebagai tempat melestarikan bahan pustaka (bahan pustaka merupakan sumber ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya). Fungsi informasi diterapkan dengan menyediakan sumber-sumber pustaka yang lengkap dan bermutu. Fungsi rekreasi diterapkan dengan menyediakan buku hiburan dan tata ruang yang bersifat rekreatif.

Selain fungsi-fungsi tersebut, ada pula fungsi sosial, yang diartikan sebagai wadah sosialisasi antar pengunjung dalam memperoleh informasi. Selain fungsi, ada pula salah satu tugas pokok dari perpustakaan adalah sebagai the preservation of knowledge; artinya: mengumpulkan, memelihara, dan mengembangkan semua ilmu pengetahuan/gagasan-gagasan manusia dari zaman ke zaman.

Jenis-jenis perpustakaan di antaranya:
  1. Perpustakaan Nasional
  2. Perpustakaan Umum (Public Library)
  3. Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)
  4. Perpustakaan Sekolah (School Library)
  5. Perpustakaan Khusus (Special Library)
  6. Perpustakaan Wilayah
  7. Perpustakaan Keliling


Ada pula menurut Rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor Tahun 2009 Tentang Standar Nasional Perpustakaan, berdasarkan jenis dan kepemilikan mencakup:
  1. Perpustakaan nasional
  2. Perpustakaan pemerintah
  3. Perpustakaan provinsi
  4. Perpustakaan kabupaten/kota
  5. Perpustakaan kecamatan
  6. Perpustakaan desa/kelurahan
  7. Perpustakaan sekolah/madrasah
  8. Perpustakaan perguruan tinggi
  9. Perpustakaan khusus
  10. Perpustakaan keluarga
  11. Perpustakaan pribadi


Sumber:
Peraturan Undang-Undang Nomor 43. Tahun 2007. Pasal 3 dan 4 Tentang Perpustakaan.
Basuki, Sulistyo. 2003. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. Depdikbud. p.5.
NS, Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. p.7.
Milburga, Larasati. 1991. Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius. p.17.
Trimo, Soejono. 1985. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remadja Karya Offset. p.2.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar