Writer's Block Menjadi Musuh Bagi Penulis? - The Puisi

Writer's Block Menjadi Musuh Bagi Penulis?




Hai, sahabat thepuisi! Bagaimana nih kabarnya? Kali ini kita akan membahas tentang WRITER'S BLOCK. Pernah nggak sih kamu mendengar bahkan mengalaminya? Kalau saya sih pernah. Sebenarnya sebelum membuat artikel ini, saya juga sedang terkena writer's block. Bingung kan jadinya mau buat tulisan apa. Sudah putar otak, tetap saja idenya buntu. Akhirnya terpikirkan untuk membuat artikel tentang writer's block yang sering dialami oleh beberapa penulis.

Oke, sebelum membahas lebih lanjut, yang lebih penting adalah kita tahu apa sih yang dimaksud dengan writer's block itu?

Writer's block adalah keadaan di mana seorang penulis tidak dapat menuangkan segala idenya ke dalam tulisan. Pikiran menjadi buntu, otak terasa kaku, seolah ada yang menghalangi keluarnya gagasan. Tak satu pun kata, apalagi kalimat atau pun paragraf yang mampu dihasilkan oleh sang penulis.

Beberapa faktor utama yang menyebabkan writer's block yaitu:

  1. Tidak konsentrasi dalam menulis. Bisa jadi yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pikiran yang sedang terganggu dengan suatu permasalahan, sehingga otak tidak bekerja dengan baik.
  2. Butuh refreshing. Adakalahnya penulis membutuhkan waktu untuk menyegarkan otak dengan jalan-jalan, belanja, membaca buku, nonton, bermain atau hal yang bisa mengembalikan ide. Ini juga bisa  menjadi solusi bagi seseorang yang suka menulis tergantung mood.
  3. Tidak menguasai tema yang akan ditulis. Biasanya penulis ketika ingin mengikuti lomba kepenulisan, ada sebagian yang memaksa untuk membuat tulisan dengan tema yang ditentukan oleh panitia lomba, padahal ia sama sekali tidak menguasainya. Ini salah besar, kalau boleh saya sarankan, coba deh di skip aja dulu. Masih banyak lomba kepenulisan yang lainnya, silakan ikuti tema yang Anda kuasai, insya Allah, ide akan mengalir ketika konsentrasi tidak terganggu. Fokus dan menulislah!


Jika sudah merasa buntu dan belum menemukan ide, sebaiknya istirahat sejenak, jangan dipaksa pikiran untuk mikir, karena otak kalau dipaksa bekerja, hasilnya tidak akan baik. Tapi ketika ide sudah mulai muncul kembali, disarankan untuk segera menuangkannya ke dalam tulisan, untuk revisi tulisan itu urusan belakangan karena yang terpenting adalah bahan tulisan sudah ada.

Mungkin teman-teman semua juga punya pengalaman menarik atau trik untuk menghindari writer's block? Tapi kalau saya pribadi sih, memang sering terkena virus ini, hehe. Sekian dulu materi seputar 'writer's block'. Silakan kunjungi tips-tips menulis lainnya di web ini ya, teman-teman. Terima kasih! [PM]

0 Komentar untuk "Writer's Block Menjadi Musuh Bagi Penulis?"

Post a Comment

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel